Wisata Edukasi Dengan Pesona Museum Gunung Merapi

museum gunung merapi

 

Museum Gunung Merapi – Gunung gagah yang berada di sebelah utara Kota Yogyakarta, dapat disebut sebagai salah satu ikon kota budaya ini. Gunung ini bernama Merapi, yang sempat menjadi bahan pemberitaan nasional di tahun 2006 dan 2010. Gunung api tahun ini konon memiliki siklus meletus setiap empat tahun sekali. Semburan lava dan materialnya menyuburkan tanah Jogja dan Jawa Tengah. Pasca letusan di tahun 2010, didirikan sebuah museum edukatif mengenai gunung ini. Museum Gunung Merapi, letaknya di kaki Gunung Merapi di daerah Kaliurang, tidak jauh dari jantung kota Jogja. Museum ini sering kali dikunjungi sebagai objek wisata untuk acara study tour, dan liburan keluarga .

 Wisata Jogja ke Museum Mengapa Tidak?

Jika sudah sering dengan wisata alam di jogja maka tidak salah mencoba liburan ke museum. Sekilas mendengar kata Gunung Merapi yang terlintas dipikiran kami adalah gunung yang mengagumkan dan mistis, namun keberadaan museum ini seperti menghapuskan kesan mistis tersebut. Dengan tampilan futuristik dan modern, menambah rasa nyaman dan membuat betah berkeliling di dalam museum. Gedung museum yang dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektar, dijadikan sebagai wahana pendidikan, baik anak-anak maupun dewasa. Apa saja sih yang ada di museum ini? Mari kita lihat lebih dekat! Tiket masuk museum sangat murah, hanya 3 ribu rupiah saja, setelah membeli tiket pengunjung langsung disambut oleh replika Gunung Merapi yang besar sekali, di replika ini kita bisa membayangkan betapa luasnya gunung api ini. Menariknya ada uap yang menyembur-nyembur di replika tersebut, seperti sungguhan lho.

Setelah itu, kita memasuki bagian tengah museum, oh perlu diingat ikuti alur tur museum agar runut dan tidak membingungkan. Dibagian tengah terdapat eksibisi Zona Gunung Api, yang menjelaskan persebaran gunung api di Indonesia, kemudia terdapat eksibisi Zona Khusus Gunung Merapi yang memaparkan banyak hal mengenai Gunung Merapi, mulai dari awal sejarah letusannya, jenis material yang dikeluarkan, berbagai koleksi bahkan menampilkan dampak letusan Gunung Merapi (seperti sepeda motor yang terkena awan panas dan lain-lain). Di tempat ini  pengunjung dapat membaca tentang mitos dan cerita yang mengitari Gunung Merapi.

Jalan-jalan sambil dengerin cerita bersama paket wisata jogja

Ketika mengitari museum, di tengah eksibisi ada sebuah ruangan kaca yang eye-catching. Ruangan ini adalah ruangan yang sengaja di dibuat seolah-olah layaknya lokasi yang terkena letusan Gunung Merapi. Rencananya zona ini akan dimamfaatkan sebagai lokasi simulasi gempa akibat letusan gunung. Tidak jauh dari situ terdapat Zona Pameran Letusan Gunung Merapi tahun 2010, di sini dipamerkan beberapa benda yang terkena awan panas, foto-foto, artikel, dan bahkan buku tamu juru kunci dari Gunung Merapi yang terkenal yaitu Mbah Maridjan. Masih belum puas? Tenang, masih ada lantai dua. Di lantai dua jauh eksibisi museum lebih interaktif, di sini pengunjung dapat mendapat pengetahuan mengenai perkembangan ilmu vulkanologi secara lengkap. Jadi berasa anak Geografi deh di sini. Museum Gunung Merapi terbuka untuk umum, dan sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil jogja agar lebih mudah untuk menuju ke tempat ini. 

KONTAK KAMI
Paingan Krodan Rt.05 Rw. 05 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta
0856-4901-5257
+62 856 4901 5257

 

PENGUNJUNG