Wisata Candi Ijo Jogja

Wisata Candi Ijo Jogja

Wisata Candi Ijo Jogja

Halo sahabat traveller, apakah kamu sudah punya rencana berlibur akhir pekan ini? Apakah kamu suka mencari tempat dengan pemandangan yang indah? Apakah kamu suka mencari sunset terbaik untuk didokumentasikan? apakah kamu suka mencari spot-spotfoto yang lagi hits? apakah kamu suka menjelajah tempat-tempat baru dan bernuansa sejarah? Jika iya, maka ada baiknya kamu mengunjungi wisata Candi Ijo Jogja. Candi Ijo terkenal karena berada diatas bukit. Candi ini juga disebut sebagai candi tertinggi di Jogja. Karena ketinggiannya diatas bukit, kamu dapat dengan mudah menikmati sunset dan pemandangan-pemandangan lain di bawahnya. Dijamin pasti seru dan jadi hits.

 

Sejarah Wisata Candi Ijo

Candi Ijo terletak di atas sebuah bukit yang oleh masyarakat setempat disebut Gumuk Ijo. Ketinggian Bukit Ijo 410 meter di atas permukaan laut, sedangkan Candi Ijo terletak pada ketinggian 357,402 – 395,481 meter di atas permukaan laut. Candi Ijo merupakan komplek percandian yang terdiri atas beberapa bangunan dengan halaman teras berundak. Halaman paling suci berada di bagian belakang dan paling atas. Hal tersebut mengingatkan pada salah satu hasil kebudayaan megalitik yang berupa bangunan punden berundak. Periode pendirian komplek bangunan tersebut belum dapat diketahui secara pasti.

Akan tetapi, profil candi, motif hiasan kala-makara, langgam arca dan relief candi yang digambarkan secara naturalistis, mempunyai kemiripan dengan candi-candi di sekitarnya yang dibangun pada abad VIII-X Masehi, sehingga diperkirakan candi ini didirikan pada periode yang sama.

 

Keunikan Wisata Candi Ijo Jogja

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di situs Candi Ijo, diketahui bahwa di situs ini terdapat 17 struktur bangunan yang terletak pada 11 teras berundak. Halaman candi yang merupakan jalan masuk menuju bangunan utama merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur. Halaman paling atas (teras ke-11) adalah halaman yang dianggap paling suci.

Di dalam candi terdapat lingga-yoni yang melambangkan Dewa Siva yang menyatu dengan Dewi Parwati. Dengan demikian dapat disimpulkan bawa candi ini mempunyai latar belakang keagamaan Hindu aliran Siva. Struktur bangunan lain yang ada di komplek Candi Ijo, antara lain terdapat pada teras kesembilan, berupa sisa batur bangunan yang menghadap ke timur. Di teras kedelapan terdapat tiga buah candi dan empat buah batur bangunan, serta ditemukan dua buah prasasti batu.

Di masa sekarang, Wisata Candi Ijo Jogja sering dikunjungi wisatawan asing maupun wisatawan lokal. Mereka datang untuk melihat secara langsung peninggalan peradaban dari abad ke VIII-X Masehi. Dengan melihatnya saja, kita semakin yakin, betapa berbudaya dan beradabnya nenek moyang bangsa Indonesia zaman dahulu. Dari bangunan dan relief-relief yang masih tersimpan bisa kita ambil sebagai foto kenangan. Dan paling menarik adalah pemandangan di kala senja diatas candi Ijo.

 

Tiket dan Akses Menuju Wisata Candi Ijo Jogja

Jika anda ingin mengunjungi Candi Ijo anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000. Untuk parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp. 5.000. Perjalanan menuju Candi Ijo meleawati bukit yang terjal, jadi pastikan kamu memiliki kendaraan yang kondisinya baik. Jika anda sudah puas mengunjungi Wisata Candi Ijo Jogja, dibawah bukit tersebut terdapat wisata yang tidak kalah hitsnya dan sering dijadikan foto bersama, tempat itu adalah wisata tebing breksi Jogja. Jaraknya hanya 500 m dibawah candi Ijo. Jika anda tidak mau repot dengan perjalanan wisata anda, saya sarankan anda menggunakan jasa sewa mobil Jogja dari Kuruma Transport.

 

Tips Wisata Candi Ijo Jogja

  1. Pastikan kendaaraan anda dalam kondisi yang baik
  2. Pastikan handphone atau kamera dalam kondisi full baterai, karena banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.
  3. Jika anda tidak mau repot menggunakan kendaraan pribadi atau berwisata bersama keluarga, ada baiknya anda menggunakan jasa sewa mobil Jogja saja. Kuruma Transport adalah jasa sewa mobil jogja yang aman, nyaman, dan memiliki harga terjangkau.

 

Tentang Kuruma Transport (Sewa Mobil Jogja)

Kuruma Transport adalah usaha sewa mobil Jogja dan Paket wisata Jogja dan sekitarnya yang telah berdiri sejak tahun 2010. Sebagai salah satu pioneer, kami terus mengembangkan pelayanan kami supaya sesuai dengan permintaan dan kenyamanan konsumen kami. Sewa mobil yang kami berikan meliputi mobil Innova, Avanza, Ignis, Elf Shot , Elf Long, Toyota Hiace, Medium Bus dan Big Bus. Bagi yang ingin mobil VIP tersedia mobil Alphard, Camry, Fortuner dan Vellfire. Mobil tersebut tidak hanya tersedia satu dua, namun terdapat beberapa pilihan, sehingga Anda tidak perlu khawatir memilihnya.

 

Pemesanan dan Konsultasi Gratis

Kuruma sebagai jasa sewa mobil Jogja akan memberikan pelayanan terbaik. Kami ingin menjadikan layanan kami menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari jasa sewa mobil Jogja. Dengan pengalaman sejak tahun 2010 temukan berbagai pilihan mobil yang bisa Anda gunakan nanti di untuk perjalanan di Jogja. Dapatkan informasi pemesanan sewa mobil Jogja lebih lanjut di call center kami  0856-4901-5257 (bisa WhatsApp).

 

Alamat dan Kontak

Kuruma Tarnsport (Sewa Mobil Jogja) beralamat di daerah Paingan, Krodan, RT.05 RW. 05 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

 

Kuruma Transport

Wisata Candi Ijo Jogja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *