Wisata Candi Prambanan Jogja

Wisata Candi Prambanan Jogja

Wisata Candi Prambanan Jogja

Halo Sahabat Traveller, bagaimana liburan anda? Apakah anda ingin berlibur akhir pekan ini? Sudah kah menentukan objek wisata yang akan dituju bersama teman atau keluarga? Kuruma transport memiliki rekomendasi untuk kamu yang akan berlibur bersama pasangan, teman atau liburan keluarga. Objek wisata tersebut adalah Wisata Candi Prambanan Jogja. Tempatnya luas, hijau, pemandangannya bagus, memiliki nuansa sejarah, warisan budaya dunia, dan memiliki banya spot foto keren.

 

Wisata Candi Prambanan Jogja berada di daerah Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan buka setiap hari pukul 06.00-17.00 WIB.  Harga tiket masuknya sebagai berikut:
– Domestik – Dewasa: Rp40.000/orang
– Domestik – Anak: Rp20.000/orang
– Asing – Dewasa: USD18/orang
– Asing – Anak: USD9/orang

 

Sejarah Wisata Candi Prambanan Jogja

Prambanan adalah candi Hindu terbesar dan termegah yang pernah dibangun di Jawa kuno, pembangunan candi Hindu kerajaan ini dimulai oleh Rakai Pikatan sebagai tandingan candi Buddha Borobudur dan juga candi Sewu yang terletak tak jauh dari Prambanan. Beberapa sejarawan lama menduga bahwa pembangunan candi agung Hindu ini untuk menandai kembali berkuasanya keluarga Sanjaya atas Jawa, hal ini terkait teori wangsa kembar berbeda keyakinan yang saling bersaing; yaitu wangsa Sanjaya penganut Hindu dan wangsa Sailendra penganut Buddha. Pastinya, dengan dibangunnya candi ini menandai bahwa Hinduisme aliran Saiwa kembali mendapat dukungan keluarga kerajaan, setelah sebelumnya wangsa Sailendra cenderung lebih mendukung Buddha aliran Mahayana. Hal ini menandai bahwa kerajaan Medang beralih fokus dukungan keagamaanya, dari Buddha Mahayana ke pemujaan terhadap Siwa.

 

 

Bagian Bagian Candi Prambanan

Bagian wisata Candi Prambanan terbagi dalam 3 zona, yaitu pelataran njobo (luar), tengahan (tengah) dan njeron (dalam). Ketiga zona tersebut terinspirasi dari ajaran kosmologi Hindu sebagai berikut:

Pelataran Njobo

Pelataran njobo berukuran 390 m2. Pelataran ini mendapat inspirasi dari Bhurloka, yaitu penuh hawa nafsu. Hal itu tergambar dari kaki bangunan pelataran.

Pelataran Tengahan

Dibangun di atas tanah seluas 222 m2, pelataran tengahan memiliki 4 teras yang disusun berundak. Setiap teras memiliki candi dengan ukuran yang sama dan jumlah totalnya adalah 878 candi.

Pelataran Njeron

Pelataran ini terinspirasi dari Svargaloka atau alam tertinggi dan paling suci. Svargaloka dituangkan dalam bentuk mahkota yang menghiasi candi candi di pelataran njeron ini. Di bagian inilah terdapat 3 candi utama dan dianggap paling suci.

 

Candi Candi Utama

Bagian yang menonjol dari wisata Candi Prambanan disebut dengan candi utama. Dan biasanya candi utama inilah yang sering dijadikan spot foto para wisatawan.

Kenapa utama? karena candi tersebut diperuntukan untuk dewa dewa tertinggi. Siapa saja itu? Candi Dewa Siwa, Candi Dewa Wisnu, dan Candi Dewa Brahma.

 

Sendratari Ramayana di Candi Prambanan

Relief-relief di Wisata Candi Prambanan Jogja menceritakan tentang Ramayana. Kita bisa melihat versi langsungnya melalui Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana adalah pertunjukan gabungan antara drama dan tari tanpa ada dialog yang digelar dengan latar Candi Prambanan yang megah dan dihiasi berbagai sorot lampu keren. Pagelaran Ramayana ini digelar malam hari setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Mulai pukul 19.30 – 21.30 WIB. Kamu bisa memilih untuk menonton di panggung terbuka atau tertutup. Harga tiket masuknya dijual mulai Rp125.000/orang untuk kelas 2 panggung terbuka atau tertutup. Untuk kelas – kelas di atasnya, terdapat perbedaan harga berdasar jenis panggung yang dipilih.

 

Tips Wisata Candi Prambanan Jogja

  1. Jangan merusak, memindahkan barang atau menulis di bangunan candid an arca.
  2. Jangan membuang sampah sembarangan.
  3. Jika anda tidak mau repot untuk bepergian dengan menyopir sendiri atau harus liburan bersama keluarga, ada baiknya anda menggunakan jasa sewa mobil jogja dari Kuruma Transport yang professional, aman nyaman, dan harganya terjangkau.

Tentang Kuruma Transport (Sewa Mobil Jogja)

Kuruma Transport adalah usaha sewa mobil Jogja dan Paket wisata Jogja dan sekitarnya yang telah berdiri sejak tahun 2010. Sebagai salah satu pioneer, kami terus mengembangkan pelayanan kami supaya sesuai dengan permintaan dan kenyamanan konsumen kami. Sewa mobil yang kami berikan meliputi mobil Innova, Avanza, Ignis, Elf Shot , Elf Long, Toyota Hiace, Medium Bus dan Big Bus. Bagi yang ingin mobil VIP tersedia mobil Alphard, Camry, Fortuner dan Vellfire. Mobil tersebut tidak hanya tersedia satu dua, namun terdapat beberapa pilihan, sehingga Anda tidak perlu khawatir memilihnya.

 

Pemesanan dan Konsultasi Gratis

Kuruma sebagai jasa sewa mobil Jogja akan memberikan pelayanan terbaik. Kami ingin menjadikan layanan kami menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari jasa sewa mobil Jogja. Dengan pengalaman sejak tahun 2010 temukan berbagai pilihan mobil yang bisa Anda gunakan nanti di untuk perjalanan di Jogja. Dapatkan informasi pemesanan sewa mobil Jogja lebih lanjut di call center kami  0856-4901-5257 (bisa WhatsApp).

 

Alamat dan Kontak

Kuruma Tarnsport (Sewa Mobil Jogja) beralamat di daerah Paingan, Krodan, RT.05 RW. 05 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

 

Kuruma Transport

Wisata Candi Prambanan Jogja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *