Wisata Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko

Halo Sahabat Traveller, Apakah kamu sudah membuat rencana liburan akhir pekan ini? Apakah kamu tertarik mengunjungi tempat baru dan penuh dengan sejarah? Apakah kamu suka mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan bagus dan instagramable? jika iya maka tempat ini cocok untuk kamu kunjungi. Nama tempatnya adalah Wisata Candi Ratu Boko.

 

Candi Ratu Boko adalah sebuah situs purbakala yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 18 km sebelah timur dari pusat kota Yogyakarta. Wisata Candi Ratu Boko berdekatan dengan objek wisata lain seperti Candi Prambanan, Candi Ijo, Tebing Breksi, Candi Kalasan, Candi Plaosan, dan Candi Sambisari. Jadi ketika anda mengunjungi salah satu objek wisata tersebut, alangkah baiknya anda mengunjungi Wisata Candi Ratu Boko juga.

 

Keunikan Wisata Candi Ratu Boko

Kita seringkali menyebut kata “Candi” Ratu Boko, namun menurut beberapa penelitian, situs tersebut bukanlah candi seperti pada umumnya, namun lebih tepat disebut istana. Istana Ratu Boko adalah peninggalan situs arkeologi yang berbeda dengan situs-situs lainnya. Banyak yang mengira kalau Istana Ratu Boko ini hanya berupa candi seperti halnya Prambanan dan Borobudur. Faktanya, Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana yang terdiri atas beberapa bagian bangunan.

Pintu yang pertama terbuat dari batuan andesit, namun lantai dan tembok tangganya terbuat dari batu kapur putih halus. Karena dibangun dengan konstruksi batu andhesit maka Candi Ratu Boko sebenarnya lebih mirip dengan keraton. Keistimewaan lain dari situs ini adalah adanya tempat di sebelah kiri gapura yang terdapat spot yang dinamakan Candi Pembakaran. Candi Pembakaran ini adalah tempat kremasi masyarakat yang beagama Hindu.

 

Sejarah Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko Jogja ini juga menyimpan cerita yang diturukan dari masa ke masa. Sejarah berdirinya candi ini adalah ada Raja yang bernama Prabu Dewatasari atau dikenal dengan nama Prabu Boko yang hidup di Kraton Prambanan. Menurut catatan sejarah, kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 ini telah digunakan oleh dinasti Syailendra yani Rakai Panangkaran. Jauh sebelum zaman raja Samaratungga, pendiri candi Borobudur dan Rakai Pikatan pendiri Prambanan.

 

Legenda Ratu Boko

Cerita lain mengenai Ratu Boko adalah bahwa sesungguhnya Prabu Boko adalah seorang perempuan, yakni permaisuri Raja Prambanan yang bernama asli Prabu Prawatasari. Prabu Boko ini adalah perempuan titisan raksasa yang bernama Buto Nyai. Walau demikian, kecantikan Buto Nyai konon saat itu tidak ada yang bisa menyaingi di wilayah Jawa Tengah kala itu. karena postur badannya yang tinggi dan melebihi rata-rata tinggi orang dewasa itulah ia juga mendapat nama julukan Roro Jonggrang.

Setelah melahirkan putranya, Prabu Boko memiliki kebiasaan buruk, yakni memakan daging manusia sebagai tumbal kesaktiannya. Karena perbuatan buruknya itulah, ayahnya sang Raja Prabu Dewatasari marah dan murka. Ia memerintahkan Prabu Boko untuk meninggalkan istana. Kepergian sang permaisuri ini membuat raja dan sang bayi sedih. Hingga akhirnya dibuatlah patung dari batu yang menyerupai istrinya dan yang dikenal dengan Candi Ratu Boko. Adapun baru-baru ini juga ada peneliti Indonesia yang mengatakan bahwa Candi Ratu Boko merupakan istana dari Ratu Balqis (istri nabi Sulaiman). Teori ini juga menjelaskan bahwa Candi Borobudur merupakan peninggalan nabi Sulaiman.  Tidak ada yang tahu pasti kebenaran cerita-cerita dan teori tersebut, yang jelas wisata Candi Ratu Boko tetap menyimpan kecantikannya.

 

Tiket dan Akses Menuju Candi Ratu Boko

Wisata Candi Ratu Boko merupakan situs purbakala.  Candi Ratu Boko Jogja menempati area seluas 25 hektar dan beraada pada pada ketinggian sekitar 196 meter dari permukaan laut. Tiket masuk Candi Ratu Boko Yogyakarta sendiri adalah Rp25.000 sudah termasuk parkir. Tapi harga tersebut hanya sampai pukul jam 3 sore saja. Adapun harga tiket masuk Candi Boko Yogyakarta setelah pukul tiga sore adalah kategori tiket untuk menikmati sunset. Harganya jauh lebih mahal dari yang sebelumnya. Harga tiket untuk paket Candi Ratu Boko Sunset adalah besar Rp 100.000. Wisata ini buka setiap hari pada pukul 06.00 sampai dengan 18.30 WIB.

 

Kuruma Transport

Wisata Candi Ratu Boko

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *