Wisata Keraton Jogja

Wisata Keraton Jogja

Wisata Keraton Jogja

Halo Sahabat Traveller, apakah kamu sudah merencanakan liburan akhir pekan ini? apakah kamu tertarik dengan tempat-tempat baru, yang bersejarah, atau yang memiliki spot foto menarik? Kali ini Kuruma Transport akan memberikan informasi mengenai wisata Keraton Jogja. Tempat ini merupakan tempat paling penting di Jogja karena sebagai tempat tinggal sultan dan keluarga serta letaknya yang tepat di tengah-tengah kota Jogja.

Jika Presiden memiliki istana negara di Jakarta dan di Bogor, maka Sultan Jogja memiliki Keraton. (Sebenarnya di Jogja juga memiliki istana yang letaknya di Jalan Malioboro, karena dulu Jogja pernah dijadikan sebagai Ibukota Pemerintahan sementara negara Indonesia). Namun, Keraton Jogja tidak bisa disamakan dengan istana biasa atau istana negara, Keraton memiliki nilai filosofis dan budaya yang sangat dalam.

 

Nilai Filosofis dan Budaya Sebuah Keraton Jogja

Menurut etimologinya, Kraton adalah tempat bersemayam ratu-ratu, berasal dari kata : ka + ratu + an = kraton. Juga disebut kadaton, yaitu ke + datu + an = kedaton, tempat datu-datu atau ratu-ratu. Bahasa Indonesianya adalah istana, jadi kraton adalah sebuah istana, tetapi istana bukanlah kraton. Kraton ialah sebuah istana yang mengandung arti keagamaan, arti filsafat dan arti kulturil (kebudayaan).

Keraton Jogja dibangun dan dirancang sendiri oleh Pangeran Mangkubumi, yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1775. Beliau yang memilih tempat tersebut yaitu tepat di antara sungai Winongo dan sungai Code, sebuah daerah berawa yang dikeringkan. Bangunan Kraton membentang dari utara ke selatan. Halaman depan dari Kraton disebut alun-alun utara dan halaman belakang disebut alun-alun selatan. Desain bangunan ini menunjukkan bahwa Kraton, Tugu dan Gunung Merapi berada dalam satu garis/poros yang dipercaya sebagai hal yang keramat.

Sesungguhnya Kraton Yogyakarta penuh dengan arti-arti yang mendalam. Arsitektur bangunan-bangunannya, letak bangsal-bangsalnya, ukiran-ukirannya, hiasannya, sampai pada warna gedung-gedungnyapun mempunyai arti. Pohon-pohon yang ditanam di dalamnya bukan sembarangan pohon. Semua yang terdapat disini seakan-akan memberi nasehat kepada kita untuk cinta dan menyerahkan diri kita kepada Tuhan yang Maha Esa, berlaku sederhana dan tekun, berhati-hati dalam tingkah laku kita sehari-hari dan lain-lain. Dan semua itu yang mendesain adalah Sri Sultan Hamengkubuwono I sendiri.

 

Bagian-Bagian Wsiata Keraton Jogja

Bagi kita masyarakat biasa mungkin bertanya-tanya seperti apakah isi dari Keraton itu dan bagaimana rasanya tinggal di dalam Keraton Jogja?

Luas Kraton Yogyakarta adalah 14.000 meter persegi. Didalamnya terdapat banyak bangunan-bangunan, halaman-halaman dan lapangan-lapangan.

Kita mulai dari halaman kraton ke utara:
1. Kedaton/Prabayeksa
2. Bangsal Kencana
3. Regol Danapratapa (pintu gerbang)
4. Sri Manganti
5. Regol Srimanganti (pintu gerbang)
6. Bangsal Ponconiti (dengan halaman Kemandungan)
7. Regol Brajanala (pintu gerbang)
8. Siti Inggil
9. Tarub Agung
10. Pagelaran (tiangnya berjumlah 64)
11. Alun-alun Utara dihias dengan
12. Pasar (Beringharjo)
13. Kepatihan
14. Tugu

Angka 64 itu menggambarkan usia Nabi Muhammad 64 tahun Jawa, atau usia 62 tahun Masehi.
Kalau dari halaman kraton pergi ke selatan maka akan kita lihat:
15. Regol Kemagangan (pintu gerbang)
16. Bangsal Kemagangan
17. Regol Gadungmlati (pintu gerbang)
18. Bangsal Kemandungan
19. Regol Kemandungan (pintu gerbang)
20. Siti Inggil
21. Alun-alun Selatan
22. Krapyak

Catatan:
1. Regol =pintu gerbang
2. Bangsal =bangunan terbuka
3. Gedong =bangunan tertutup (berdinding)
4. Plengkung =pintu gerbang beteng
5. Selogilang =lantai tinggi dalam sebuah bangsal semacam podium rendah, tempat duduk Sri Sultan atau tempat singgasana Sri Sultan
6. Tratag =bangunan, biasanya tempat berteduh, beratap anyam-anyaman bamboo dengan tiang-tiang tinggi, tanpa dinding.

Komplek kraton itu dikelilingi oleh sebuah tembok lebar, beteng namanya. Panjangnya 1 km berbentuk empat persegi, tingginya 3,5 m, lebarnya 3 sampai 4 m. di beberapa tempat di beteng itu ada gang atau jalan untuk menyimpan senjata dan amunisi, di ke-empat sudutnya terdapat bastion-bastion dengan lobang-lobang kecil di dindingnya untuk mengintai musuh. Tiga dari bastion-bastion itu sekarang masih dapat dilihat. Beteng itu di sebelah luar di kelilingi oleh parit lebar dan dalam.

Lima buah plengkung atau pintu gerbang dalam beteng menghubungkan komplek kraton dengan dunia luar. Plengkung-plengkung itu adalah:
1. Plengkung Tarunasura atau plengkung Wijilan di sebelah timur laut.
2. Plengkung Jogosuro atau Plengkung Ngasem di sebelah Barat daya.
3. Plengkung Jogoboyo atau Plengkung Tamansari di sebelah barat.
4. Plengkung Nirboyo atau Plengkung Gading di sebelah selatan.
5. Plengkung Tambakboyo atau Plengkung Gondomanan di sebelah timur.

 

Jam Buka dan Tiket Wisata Keraton Jogja

Wisata Keraton Jogja buka setiap hari mulai pukul 09.00-14.00 WIB. Pada hari jumat keraton hanya buka hingga pukul 11.00 WIB. Harga tiket untuk wisatawan local Rp. 7000dan Rp. 12.000 untuk wisatawan asing. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap mulai dari pemandu wisata, toilet, toko cinderamata, dll. Jika anda sudah puas mengunjungi keraton Jogja, ada baiknya anda beralih ke objek wisata lain disekitar sana yaitu Museum kereta, Taman Sari, Pasar burung Ngasem dll yang hanya berjarak sekitar satu kilometer (10 menit) dari Kraton. Tips lain yaitu sebaiknya anda menggunakan jasa angkutan becak atau delman. Selain lebih dan tidak capek, menggunakan kedua transportasi tersebut akan memberikan suasana seolah-olah kita berada pada masa 1700 an dimana keraton Jogja baru dibangun oleh Sultan HB 1.

 

Berikut Kegiatan Wisata Keraton Jogja

Pertunjukan Gamelan pada hari senin dan selasa pukul 10.00-12.00 WIB

Pertunjukan Wayang Kulit pada hari sabtu pukul 09.00-13.00 WIB

Pertunjukan Tarian pada hari minggu dan kamis pukul 19.00-12.00 WIB

Pembacaan Puisi pada hari jum�at pukul 10.00-11.30 WIB

Pertunjukan Wayang Golek pada hari rabu pukul 09.00-12.00 WIB

 

Demikian informasi mengenai wisata keraton Jogja. Jika anda menginginkan berwisata dengan cara yang mudah murah dan nyaman, ada baiknya anda menggunakan paket sewa mobil jogja dari Kuruma Transport. selain berpengalaman dan nyaman, kami akan memberikan diskon bagi anda.

 

Tentang Kuruma Transport (Sewa Mobil Jogja)

Kuruma Transport adalah usaha sewa mobil Jogja dan Paket wisata Jogja dan sekitarnya yang telah berdiri sejak tahun 2010. Sebagai salah satu pioneer, kami terus mengembangkan pelayanan kami supaya sesuai dengan permintaan dan kenyamanan konsumen kami. Sewa mobil yang kami berikan meliputi mobil Innova, Avanza, Ignis, Elf Shot , Elf Long, Toyota Hiace, Medium Bus dan Big Bus. Bagi yang ingin mobil VIP tersedia mobil Alphard, Camry, Fortuner dan Vellfire. Mobil tersebut tidak hanya tersedia satu dua, namun terdapat beberapa pilihan, sehingga Anda tidak perlu khawatir memilihnya.

 

Pemesanan dan Konsultasi Gratis

Kuruma sebagai jasa sewa mobil Jogja akan memberikan pelayanan terbaik. Kami ingin menjadikan layanan kami menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari jasa sewa mobil Jogja. Dengan pengalaman sejak tahun 2010 temukan berbagai pilihan mobil yang bisa Anda gunakan nanti di untuk perjalanan di Jogja. Dapatkan informasi pemesanan sewa mobil Jogja lebih lanjut di call center kami  0856-4901-5257 (bisa WhatsApp).

 

Alamat dan Kontak

Kuruma Tarnsport (Sewa Mobil Jogja) beralamat di daerah Paingan, Krodan, RT.05 RW. 05 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

 

Kuruma Transport

Wisata Keraton Jogja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *