Wisata Pantai Parangritis Jogja

Wisata Pantai Parangritis Jogja

Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Halo sahabat traveller, apakah kamu sudah merencanakan liburan di akhir pekan ini? Apakah kamu menyukai objek wisata dengan pemandangan yang indah dan fasilitas lengkap? Bagaimana kalau ke pantai? Ya, objek wisata yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia maupun di mancanegara. Namanya adalah Wisata Pantai Parangtritis Jogja. Bisa dibilang belum ke Jogja kalau belum ke Pantai Parangtritis. Walaupun di Jogja khususnya daerah Gunung Kidul dan Bantul kini banyak dibuka pantai-pantai yang baru. Namun Pantai Parangtritis tetap menjadi idola. Bukan karena keindahannya saja, namun juga karena faktor nilai budaya, cerita rakyat, hingga semakin banyaknya wahana di objek wisata pantai Parangtritis Jogja.

 

Legenda Nyi Roro Kidul (Penguasa Pantai Selatan)

Pantai Parangtritis selain karena keunikan pasir dan pemandangan indahnya, tapi juga terkenal karena memiliki legenda Ratu Kidul sebagai penguasa laut selatan. Pantai ini merupakan pantai paling luas di Yogyakarta dimana memiliki luas berkilo-kilo meter persegi, berbeda dengan pantai-pantai di kawasan Yogyakarta lainya seperti Pantai di Gunung Kidul yang ukurannya relatif kecil.

Apabila ingin ke Pantai terfavorit di Yogyakarta ini disarankan untuk tidak menggunakan baju berwarna hijau karena dapat ditarik masuk ke laut oleh penguasa laut selatan. Di sekitar Pantai Parangtritis terdapat sebuah Kerajaan yang dipimpin oleh penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Pada zaman dahulu Panembahan Senopati sebagai raja Mataram Islam yang pertama (sekarang Keraton Jogja) melakukan pernikahan dengan Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan, pernikahan tersebut memang tidak biasa karena berasal dari dua dunia yang berbeda. Namun hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga wilayah sekitar Jawa tetap aman dari segala ancaman dan rintangan yang berbahaya.

 

Fasilitas Wisata Pantai Prangtritis

Wisata Pantai Prangtritis menawarkan aktivitas yang tidak terbatas bagi para wisatawan seperti mengelilingi pantai dengan menggunakan motor ATV, keliling pantai dengan kuda, keliling pantai dengan delman, melakukan olahraga seperti sepak bola di pasir, bermain di pinggir ombak, bermain layangan, atau sekedar duduk-duduk sambil menikmati suasana Pantai Parangtritis yang begitu menawan.

Di sekitar pantai parangtritis juga terdapak gumuk pasir parangkusumo. Sebuah keunikan geografi yang hanya ada di Pantai Parangtritis. Sebuah geografi yang sama seperti di padang pasir timur tengah. Di sana anda bisa bermain sand board, ayunan, berfoto-foto dll.

 

Keseruan Lain dari Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Selain bisa berenang di sekitar pantai, membat rumah pasir, bermain ombak, berjalan sepanjang pantai, atau hanya sekedar duduk memandangi sunset, ada cara lain menikmati wisata Pantai Parangtritis Jogja seperti:

  1. Bermain bola di pantai. Karakter pasir yang landai dan padat di pantai Parangtritis cocok untuk bermain bola. Pasti sensasinya berbeda antara bermain bola di lapangan rumput dan di bibir pantai sambil menikmati deburan ombak serta sunset di sore hari.
  2. Wisata Pantai Parangtritis memiliki banyak objek wisata di sekitarnya. Jika berkunjung ke sana, maka kamu bisa menikmati objek wisata lain dalam satu waktu. Sebut saja pantai Parangendog, Gumuk Pasir Parangkusumo, pemandian air panas Karang Wedang (yang ditemukan Sultan Hamengku Buwono VII). Kampung yang memproduksi kerajinan kerang, melihat keindahan hotel bertaraf internasional Queen of South, petilasan Parangkusumo, pemandian Parang wedang, makam Syeh Maulana, makam Syeh Belabelu, tempat pelelangan ikan (depok) serta Gumuk Pasir yang biasa digunakan sand boarding.
  3. Di Pantai Parangtritis ini anda juga bisa renang di kolam yang disediakan di pantai.
  4. Wisata kuliner di warung makan sekitar wisata pantai Parangtritis Joga yang menyediakan beragam suguhan khas pantai seperti masakan ikan gurameh, pari, cumi, dan udang yang tentunya sangat nikmat apabila kita memakannya di pinggir pantai.

 

 

Tiket dan Akses ke Wisata Pantai Parangtritis Jogja

Jika kamu ingin mengunjungi Wisata Pantai Parangtritis Jogja, maka waktu terbaik adalah di saat pagi hari atau sore hari. Selain karena anda bisa menikmati sunrise atau sunset, pada pagi dan sore hari akan membuat cuaca tidak terlalu panas. Pantai Parangtritis buka setiap hari, selama 24 jam. Adapun tiket masuknya gratis. Kita hanya diminta membayar parkir motor Rp. 2000 dan parkir mobil Rp. 5000. Dan juga apabila anda duduk di gazebo-gazebo yang ada di sekitar pantai, anda akan dimintai biaya sekitar Rp. 15.000-Rp 20.000 (walaupun di gazebo tidak tertulis harus membayar).

 

Tips Wisata Pantai Parangtritis Jogja

  1. Demi menjaga keselamatan, diharapkan anda mematuhi aturan yang ada, seperti tidak berenang di laut.
  2. Meskipun tampaknya aman, anak-anak (di bawah 12 tahun) sebaiknya tetap diikuti kemana saja. Ini karena ombak yang besar bisa datang sewaktu-waktu.
  3. Bawalah payung. Meskipun bukan musim hujan, payung bisa digunakan untuk melindungi diri dari panas terik matahari. Ini karena di pantai Parangtritis jarang ada tanaman yang bisa digunakan untuk berteduh.
  4. Jangan memakai baju warna hijau karena hal itu dapat memancing Nyi Roro Kidul.
  5. Bagi anda yang mau duduk di bangku kayu atau gazebo, sebaiknya bertanya kepada penduduk sekitar terlebih dulu. Meskipun tidak ada keterangannya, tapi bangku-bangku itu disewakan. Harganya antara Rp. 10.000 – Rp.15.000.
  6. Jika anda tidak mau repot untuk bepergian dengan menyopir sendiri atau harus liburan bersama keluarga, ada baiknya anda menggunakan jasa sewa mobil jogja dari Kuruma Transport.

 

Tentang Kuruma Transport (Sewa Mobil Jogja)

Kuruma Transport adalah usaha sewa mobil Jogja dan Paket wisata Jogja dan sekitarnya yang telah berdiri sejak tahun 2010. Sebagai salah satu pioneer, kami terus mengembangkan pelayanan kami supaya sesuai dengan permintaan dan kenyamanan konsumen kami. Sewa mobil yang kami berikan meliputi mobil Innova, Avanza, Ignis, Elf Shot , Elf Long, Toyota Hiace, Medium Bus dan Big Bus. Bagi yang ingin mobil VIP tersedia mobil Alphard, Camry, Fortuner dan Vellfire. Mobil tersebut tidak hanya tersedia satu dua, namun terdapat beberapa pilihan, sehingga Anda tidak perlu khawatir memilihnya.

 

Pemesanan dan Konsultasi Gratis

Kuruma sebagai jasa sewa mobil Jogja akan memberikan pelayanan terbaik. Kami ingin menjadikan layanan kami menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari jasa sewa mobil Jogja. Dengan pengalaman sejak tahun 2010 temukan berbagai pilihan mobil yang bisa Anda gunakan nanti di untuk perjalanan di Jogja. Dapatkan informasi pemesanan sewa mobil Jogja lebih lanjut di call center kami  0856-4901-5257 (bisa WhatsApp).

 

Alamat dan Kontak

Kuruma Tarnsport (Sewa Mobil Jogja) beralamat di daerah Paingan, Krodan, RT.05 RW. 05 Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.

 

Kuruma Transport

Wisata Pantai Parangritis Jogja

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *