Ziarah Makam Raja Mataram Yang Historikal di Imogiri

Ziarah Makam Raja Mataram

Salah satu tempat peziarahan yang akan pengunjung sambangi adalah Ziarah Makam Raja Mataram yang ada di Wonogiri anda bisa menggunakan sewa mobil jogja. Lokasinya memang ini seperti memiliki mistis dan misterius, tapi jangan salah, pulang dari sini, damai sentosa di hati dan bertambah pengalaman rohani.

Awal Mula Makam Raja Raja Mataram

Sultan Agung yang merupakan raja ketiga di Kerajaan Mataram mendirikan kompleks Makam Raja Imogiri. Sultan Agung terinsiprasi oleh makam para nabi di tanah Arab. Ketika beliau memperoleh pasir dari Arab, dilemparkan pasir yang di peroleh tersebut di tanah Mataram dan konon katanya pasir tersebut jatuh di Pegunungan Imogiri. Oleh sebab itu di bukit inilah Sang Sultan mendirikan sebuah kompleks pemakaman yang bertujuan sebagai tempat penghormatan terakhir para Raja Mataram. Dan ketika telah meninggal, Sultan Agung pun dikebumikan di lokasi Ziarah Makam Raja Mataram ini. Makam Sultan Agung dimakamkan di puncak bukit. Tepatnya sebelah bawah timur puncak khusus diperuntukan Raja dari Kasunanan Hamengkubuwono (Yogyakarta) dan di sebelah barat untuk Raja dari Kasunanan Pakubuwono (Solo/Surakarta).

Ini dia yang unik dari Makam Raja Raja Mataram Imogiri

Mengunjungi Makam Raja Imogiri sungguh menambah pengalaman rohani dalam mendalami makna mengenai kehidupan dan kematian. Mulai dari awal masuk gapura, pengunjung seakan-akan dibawa ke masa lampau, di sini kita harus berganti baju adat dan tidak boleh memakai perhiasan (terlebih emas). Lalu sepanjang peziarahan harus menjaga kondisi hening, tidak boleh berbuat onar dan berkata yang dilarang atau tidak sopan, dan menjaga kelestarian alam (dilarang memetik daun atau pohon). Baju adat yang pengunjung pakai disewakan oleh para Abdi Dalem, nanti baju dan barang pengunjung disimpan di loker yang telah tersedia. Lalu pengunjung nantinya akan dipandu oleh seorang Abdi Dalem selama peziarahan ini.

Tempat Ziarah Bersejarah

Ada beberapa situs menarik di Kompleks Makam Raja Imogiri. Awal saat acara ziarah, para pengunjung akan berjalan menapaki 409 buah anak tangga. Berdasarkan kepercayaan yang beredar disekitar, barangsiapa yang menghitung jumlah anak tangganya dan jumlahnya sama dengan jumlah  anak tangga yang sebenarnya, maka keinginannya niscaya akan terpenuni. Ketika menapaki tangga, pengunjung akan melihat satu buah anak tangga yang unik, karena bentukannya bergelombang beda dengan yang lain, konon di bagian bawah anak tangga ini terdapat jasad dari salah satu seorang punggawa Mataram yang telah berkhianat terhadap Sultan Agung. Sebagai sebuah tanda peringatan bagi punggawa dan masyarakat, karena jasadnya (hasil hukuman mati) akan ditanam dan diinjak pada  setiap orang yang melaluinya.

Setelah menaiki tangga, pengunjung akan menemukan 4 tempayan suci yang adalah pemberian dari kolega Kerajaan Mataram. Empat tempayan itu pemberian dari Kerajaan Thailand, Aceh, Turki, dan Palembang. Air dari tempayan ini dapat diambil oleh pengunjung dan konon katanya mempunyai khasiat untuk kesehatan dan rezeki. Selanjutnya pengunjung dapat melihat beberapa makam keturunan Raja Mataram, dan dapat berdoa.

Makam Raja Imogiri cocok untuk pelancong yang mencari ketenangan batin, dan berwisata di tempat yang jauh dari hingar bingar. Segarkan batin Anda dengan paket wisata Jogja bertema spiritual ini.

KONTAK KAMI
Paingan Krodan Rt.05 Rw. 05 Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta
0856-4901-5257
+62 856 4901 5257

 

PENGUNJUNG